Kandungan Dibalik Kelezatan Secangkir Kopi

Tren Kopi saat ini mulai naik lagi, sebab 80% minuman yang ada di Indonesia mengandung kopi baik kopi asli, kopi campuran dengan cream dan gula bahkan makanan ringan yang mengandung kopi. Maka, tidak salah kalau kopi menjadi tren minuman saat ini. Baik tua maupun muda semua minum kopi sesuai dengan selera masing-masing seperti tanpa gula, ditambah gula, atau kopi campuran.

Kopi yang sering dinikmati dari remaja hingga orang dewasa ini memiliki dampak yang luar biasa besar untuk tubuh. Berikut ini, mari kita bahas kandungan yang terdapat dalam secangkir kopi

 

  1. Air

Air atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi. Kandungan kimiawi kopi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh sebab 70% tubuh adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan dengan dilakukan pengeringan pada biji kopi.

  1. Kafein

Kafein ditemukan didalam daun dan buah tanaman kopi, kopi menjadi salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein yang paling sering dinikmati oleh manusia, sehingga apabila tubuh menerima banyak kafein akan menyebabkan terjadinya sulit tidur.

  1. Ethyphenol

Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, namun zat ini memberi aroma khusus pada kopi sehingga memiliki ciri khusus yang berbeda dengan minuman lain seperti teh, syirup dan lain sebagainya

  1. Quinic Acid

Rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda tergantung dari Ph tanah saat penanaman tumbuhan kopi, zat ini juga digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu yang efektif

  1. Dicaffeoylquinic Acid

Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan didalam biji kopi tidak sebanyak tumbuhan obat lain, namun kopi adalah salah satu suplayer antioksidan paling banyak dikonsumsi didunia.

  1. Dimethyl Disulfide

Pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat ini lah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur. Sehingga dalam pembuatan kopi tahap pengeringan dan sangrai membutuhkan waktu lama untuk mengurangi kandungan senyawa ini.

  1. Acetylmethylcarbinol

Zat ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan pada mentega. Zat ini juga menyebabkan seseorang sulit lepas dengan kopi.

  1. Putrescine

Zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk. Zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.

  1. Trigonelline

Zat ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang dan kuat.

  1. Niacin

Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh.

Keterangan diatas memberikan penjelasan tentang kandungan kopi. Sehingga apabila saat ini banyak orang yang menikmati kopi menjadi hal yang wajar sebab kandungan zat didalamnya membantu manusia menikmati kehidupan. Namun, perlu hati-hati sebab ternyata meminum kopi terlalu banyak juga berakibat kurang baik. Hal ini akan kita ulas di artikel selanjutnya

Published by Kopi Lesung

kopi lereng sumbing yang diolah secara modern dan dikemas untuk para pecinta kopi yang sebenarnya

Leave a comment